oleh

Dengan berwibawa Serda Sadi Babinsa Koramil 0810/08 Baron melatih tata cara Upacara bendera di SMK AL- KHOIRIYAH Kec. Baron

Setiap hari Senin di setiap lembaga instansi pemerintahan dan pendidikan terutama sekolah dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera, sebelum Kegiatan Belajar Mengajar dimulai Upacara Bendera sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Senin di sekolah SMK AL-KOIRIYAH Kec. Baron.

Serda Sadi Babinsa Koramil 0810/08 Baron dengan berwibawa melatih upacara bendera di SMK AL-KHOIRIYAH dengan tata upacara yang benar, dengan membagi petugas upacara seperti sebagai pembaca tata upacara bendera (MC), pengatur upacara, pemimpin upacara, pembawa teks Pancasila (ajudan), pengibar bendera (3 orang), pembaca UUD 1945, pembaca doa, konduktor/dirigen, dan pemimpin pasukan, sementara yang belum terpilih menjadi petugas tersebut menjadi sebagai tim paduan suara dan itu semua siswa siswi akan dapat giliran menjadi petugas upacara.

Serda Sadi mengatakan ” Upacara Bendera hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan tata upacara bendera. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme, dan lain sebagainya”.

Setiap Upacara bendera harus dilaksanakan dengan penuh hikmat dan menjiwai karena setiap urutan upacara mempunyai nilai tersendiri seperti pengibaran Bendera Merah Putih akan terdapat nilai-nilai luhur yang dapat ditumbuhkan di dalam kegiatan pengibaran bendera ini bagi petugas pengibar bendera, ada nilai gotong royong dan kebersamaan yang bisa diambil ketika melaksanakan tugasnya, mereka harus terbiasa dan bisa mengharmoniskan posisi badan dan gerakan ayunan tangan dan hentakan kaki mereka, inti dari uparaca bendera adalah saat pelaksanaan pengibaran Sang Merah Putih, hal itu tidak boleh ada sidikitpun yang salah, ujarnya.

Sementara para siswa-siswi yang mengikuti latihan upacara dengan semangat dan mengikuti arahan dari Serda Sadi dalam latihan walaupun pelaksanaan hari Minggu dan capek, mereka tumbuh dengan semangat mengikuti latihan sebab para pembina memberikan apa artinya upacara bendera dan beratnya yang dipikul oleh semua petugas upacara dan Sang Merah Putih akan berkibar dengan baik itu akan menjadi kebanggan tersendiri bagi semua petugas upacara.

Komentar

News Feed