oleh

Empat Pelajar Papua jadi Petugas Upacara di SMK Negeri 1 Nganjuk

-BERITA, KRIMINAL-122 views

Nganjuk – Detiklensa.com – Untuk mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI, 4 warga Papua yang tercatat sebagai siswa di SMKN 1 Nganjuk, menjadi petugas upacara bendera di sekolah, Senin (26/8/2018) pagi.

Upacara bendera kali ini beda dengan upacara seperti pada setiap hari Senin sebelumnya. Biasanya, upacara bendera hari Senin, kepala sekolah yang jadi pembina. Namun kali ini Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta sebagai pembina upacara.

Empat pelajar itu, 3 pelajar putri bertugas sebagai pengibar bendera merah putih yakni Nola Mariana SR, Fatika Papuana Koibur dan Novela Kornela Inden. Sedangkan 1 pelajar pria sebagai komandan upacara, yakni Yames Tepmul. Semua rangkaian upacara berjalan lancar dan khidmat.

Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta dalam amanatnya mengatakan, semua warga negara Indonesia mempunyai hak dan kewajiban yang sama, dan juga kesempatan yang sama dalam mendapatkan pekerjaan.

“Negara tidak membeda-bedakan setiap warganya. Semuanya punya kesempatan yang sama, termasuk warga Papua,” kata Dewa.

Terkait isu-isu diskriminasi sedang mencuat, Dewa berharap siswa SMKN 1 Nganjuk bisa menjadi agen perubahan di lingkungan sekolah dan di tempat tinggalnya masing-masing.

“Mari bersama-sama membangun bangsa dengan segala toleransi, baik toleransi agama dan sebagainya, sehingga persatuan dan kesatuan tetap terjaga,” tegasnya.

Nola Mariana SR, sang pembawa bendera merah putih  mengaku bangga bisa membawa sang saka merah putih. Dia juga mengaku sudah dua kali ini menjadi petugas upacara.

“Kami berempat sekolah di sini merasa nyaman. Satu kawan saya di pondok pesantren, Fatimah Tenoye. Warga Nganjuk sangat baik kepada kami,” tutur siswa kelas XI jurusan akuntansi ini.

editor : dl

Komentar

News Feed